Medan Pusat Perkembangan Bisnis Properti Komersial

Published on Kamis, 22 Desember 2016

Hadirnya properti komersial seperti pusat perbelanjaan modern dan perkantoran menjadi indikator sebuah kota metropolitan. Namun saat ini perkembangan properti komersial baru nampak di kota besar saja seperti Jakarta, Surabaya dan Medan.

Ketiga kota tersebut dianggap sebagai pusat perkembangan bisnis dan komersial di masing-masing daerahnya. Seperti halnya Medan yang merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dengan perkembangan terpesat.
 
Hal itu menarik para investor untuk mulai hadir di kota Medan, diantaranya adalah Ciputra Group yang telah dikenal sebagai ikon pengembangan properti premium di Indonesia, telah membangun Citraland Bagya City yang merupakan mahakarya kota mandiri ke-2 di kota Medan.

Belakangan beberapa kota lain juga ada yang nampak berkembang. Mina Ondang, Senior member of the Investment team dari Cushman & Wakefield menjelaskan bahwa ada beberapa indikator yang membuat sebuah investor atau korporat tertarik dengan sebuah kota atau kawasan.

“Kebanyakan dasar dari pemilihan mereka itu lokasi, mereka sudah incar lokasi tertentu yang sesuai dengan kriteria mereka. Ada beberapa aspek lokasi: Selain aksesibilitas, juga prospek di masa mendatang,” tuturnya, dilansir dari Rumah.com.

Meski demikian, lokasi bukan menjadi satu-satunya indikator, hal lain seperti infrastruktur, baik yang sudah dibentuk atau baru rencana juga menjadi daya tarik dan menentukan waktu tepat kapan mereka akan pindah.

“Soal kapan mereka akan pindah, sesuai dengan infrastruktur apa yang sudah ada. Misalnya, kami suka lokasi itu karena aksesnya bagus, tapi saat ini infrastrukturnya belum siap, sedangkan kami harus memikirkan kebutuhan sekolah dan fasilitas lain untuk karyawan tinggal.” Tambah Mina.

Sejumlah Kota Prospektif

Lalu, kota apa yang sekiranya memenuhi kriteria tersebut? Ternyata ada beberapa kota baru yang mulai menunjukkan geliat propertinya. Menurut Mina ada beberapa kota yang berpeluang memiliki perkembangan sektor komersial yang baik.

“Kalau untuk pulau Jawa, selain Jakarta dan Surabaya, kota-kota penting lainnya Bandung, Semarang, Solo dan Jogjakarta, di mana sektor komersialnya sudah berkembang dengan hadirnya mal baru di lokasi tersebut.” Jelas Mina.

Dengan daya tarik pariwisata yang ada di empat kota tersebut, Anda bisa mulai melirik kota-kota di atas untuk berinvestasi ruko atau kios.

Sedangkan  untuk area Sulawesi, Makassar masih di anggap sebagai salah satu kota penting menurut Mina.

“Sementara di Sumatra, selain Medan, tentunya Pekanbaru dan Palembang dimana banyak mal modern.”

“Area lainnya, Kalimantan, Balikpapan dan Pontianak bisa menjadi acuan di pulau Kalimantan. Selain itu Bali dan Batam tentunya juga punya sektor komersial yang tidak bisa dilupakan.” Tutup Mina.(sumber: ayopreneur)